Selasa, 19 Januari 2016

cerita tentang NBL nasional basketball league

assalamualaikum WR. WB. hari ini husayn akan cerita tentang NBL basket

basket memiliki sejarah yang cukup banyak di indonesia. sejak tahun 1930-an, beberapa kota di indonesia memiliki klub-klub lokal sendiri.

walau belum memiliki induk olahraga nasional, pada penyelenggaran pekan olahraga nasional pertama yang diadakan di solo pada tahun 1948, basket telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dan mendapat mendapatkan sambutan cukup meriah dari peserta dan penonton.

tiga tahun setelah itu, pada tanggal 23 0ktober 1951, persatuan basket seluruh indonesia lahir, dan berganti nama menjadi persatuan bola basket seluruh indonesia (perbasi) pada tahun 1955. mengikuti hasil keputusan kongres ke VII pada tahun 1981. perbasi akhirnya menyelenggarakan sebuah kompetisi antar klub-klub besar yang berasal dari pulau sumatera, jawa, kalimantan, dan sulawesi.

3 april 1982 adalah tanggal bersejarah bagi dunia basket di indonesia. pada hari itu, pertandingan antara klub Rajawali jakarta VS Semangat sinar surya Yogyakarta menandai dimulainya kompetisi basket utama yang pertama sekaligus langkah awal sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas di indonesia. klub indonesia muda jakarta mencatatkan diri sebagai klub pertama yang meraih gelar bergengsi juara kobatama.

setelah berguir selama 20 tahun, klub  kobatama mendapatkan kesempatan untuk berjalan lebih mandiri. tahun 2003, kobatama terlahir kembali dengan nama indonesia basket league (IBL) dan diikuti oleh 10 tim papan atas di indonesia

klub aspac jakarta berhasil menjadi peraih gelar juara yang pertama kobatama berganti menjadi IBL pada tahun 2003. pada tahun 2004, klub satria muda muncul sebagai kekuatan baru menyingkirkan Aspac pada Gran Final dan tampil menjadi juara. Aspac kembali merebut gelar campion pada tahun 2005. Tahun-Tahun selanjutnya (2006-2009) menjadi milik klub satria muda jakarta.
mulai 2010, IBL berubah nama menjadi national basketball league (NBL) indonesia. sejumlah barubah pun dilakukan, mencoba meningkatkan lagi jumlah pertandingan, mendekatkan lagi liga ini dengan penggemarannya. dengan NBL, indonesia pun punya harapan baru, semangat baru

demikian cerita dari husayn assalamualaikum WR. WB.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar