Rabu, 25 April 2018

SNAKE BITE INFOGRAPHIC

hallo semuanya..... assalamualaikum WR. WB.

hari ini aku akan mengirimkan sebuah infografik, infografik ini sebenarnya adalah tugas ya guys, seperti biasa, kami semua (anak pramuka oase) setiap habis pertemuan, pasti dikasih tugas,
oh iya, ini adalah pertemuan oase terakhir loh guys... lanjut lagi nanti, setelah puasa

aku membuat tugas infografik ini dibantu oleh ayahku,

infigrafik ini tentang,
PENANGANAN PERTAMA JIKA TERGIGIT ULAR

ini dia hasillllnyaaa....

maap yak guys.... kalo jelek

Rabu, 04 April 2018

SAMPAH SANGATLAH SURAM

SAMPAH SANGATLAH SURAM


Hallo semuanya... Hari ini aku akan mengerjakan tugas yang di kasih oleh
 kakak-kakak sekala nih, tugasnya yaitu, disuruh membuat jurnal tentang
"zero waste"


Beberapa hari lalu, anak-anak
 PRAMUKA OASE, pergi ke acara
"ZERO WASTE" tepatnya tanggal28 maret, aku harusnya ikut dalam acara ini, teapi sku tidak ikut, karena aku sakit dan perlu istirahat.


Aku sudah membaca buku yang ditulis oleh kak Siska Nirmala, aku baru bacanya sedikit sih, jadi ceritanya begini, dia pergi naik gunung dengan projek NOL SAMPAH, keren kan, dia membawa lumayan banyak kotak makan, dan menaruh makananns di kotak makan, sehingga tidak membuang sampah plastik lagi, dia lebih banyak membawa buah-buah-an, dan bijinya nanti dibawa turun lagi agar tidak tumbuh di atas, jika tidak dibawa turun, nanti bisa berusak vegetasi yang lain,


Jika kamu tidak mau menghasilkan sampah plastik, maka bawalah kantong kecil
(bukan kantong plastik) dan bawa kotak makan setiap hari agar jika mau membeli makan, tidak perlu memakai plastik lagi.


Oh iya, kalian tahu tidak?, ternyata sampah tidak bisa hanya hilang begitu saja, dan kalian tahu tidak? jika plastik di kubur ditanah, dia tidak bisa hancur sampai waktu yg lama, terutama steroform


Jadi inti dari pesan ini adalah,
" AYO NOL SAMPAH"


Demikian cerita singkat dariku husayn
assalamualaikum WR. WB.

Selasa, 27 Maret 2018

BELAJAR MEMASAK-PRAMUKA OASE

BELAJAR MEMASAK


Hari ini, aku dan regu imutku itu, akan memasak sendiri, kami semua akan membuat, telur/martabak,


aku lupa,
Saat itu aku tidak bantuin teman-teman ku memasak karena aku sakit


aku tidak ikut memasak, kenapa? Karena saat itu, aku sedang terkena lenyakit demam, rasanya sangat pusing, capek, panas, kesal karena tidak bisa ikut memasak,


Jadinya saat teman-temanku memasak,  yang aku lakukan hanyalah tidur, hehehe... Enak banget ya aku,


Lalu setelah itu, aku terbangun oleh tidurku yang nyenyak itu, aku terbangun karena suara regu yang lain
(yang sedang memasak juga) sangatlah berisik, aku terbangun, kondisi aku saat itu adalah, aku sangat panas, pusing, dan sangat capek,


Mungkin segitu aja untuk ceritaku kali ini,
Maaf tidak terlalu banyak,  karena aku sedang sakit saat itu.

Terimakasih sudah mau mendenarkan,
Assalamualaikum WR. WB.

PENGAMATAN SATWA DI HUTAN IPB-PRAMUKA OASE

PENGAMATAN SATWA DI HUTAN IPB


Hallo semuanya.. Assalamualaikum WR. WB.
beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 21-22 maret, hari rabu dan kamis, kami anak PRAMUKA OASE pergi ke ITB
(Institut pertanian bogor),  untuk mempelajari beberapa hal, seperti
•pengamatan satwa liar
•mencetak jejak kaki satwa
•belajar memasak

Semua yang kami pelajari disana itu, sangat seru dan menyenangkan, tetapi ada yg tudak menyenangkannya juga sih, di hari
ke-2  aku sakit demam, dan rasanya sangat tidak menyenangkan.


Setelah kami semua sampai di IPB, kami langsung jalan kira-kira 1 kilo menuju tempat kita bermalam, sesampai disana kita langsung istirahat dan makan, kenapa? Karena sangat capek dan kakiku sangat sakit, setelah istirahat kita langsung melaksanakan sholat dzuhur di masjid besar yang kebetulan sangat dekat dari tempat bermalam kami, setelah sholat.


 kita langsung disuruh berkumpul per-regu dan langsung disuruh siap-siap untuk melaksanakan pengamatan satwa, akhrinya aku mencari teman reguku. Oh iya....
Aku belum memberitahu kalian siapa saja isi regu ku yg keren ini
Yaa... Nama regu kami adalah...
KELINCI IMUT
BABABABA....
-KAYSAN
-ALEVKO
-HUSAYN (AKU)
-ARIQ
-HIBAN
-NAUFAL
-IBRAHIM



        PENGAMATAN SATWA (SIANG)
           ______________
Setelah berkumpul, kita semua langsung pergi menuju hutan liar yang ada di ITB.
Saat setengah perjalanan, kakak pembinaku bilang, "kemarin kakak menemukan jejak satwa di gundukan ini, coba lihat itu" (sambil membuka plastik kecil yang dia tutupi jejak satwa tersebut) dan yah... Ternyata itu jejak BABI HUTAN, aku sangat kaget, lalu setelah itu, kakak pembina menyuruh kami mencetak jejak tersebut memakai GYPSUM
aku dan naufal akhirnya yang akan mencetak jejak tersebut, pertama, kita harus membingkai jejak tersebut memakai batang kayu yang sudah di sediakan oleh kakak pembina, lalu setelah itu, naufal akan menuangkan GYPSUM yang sudah di aduk dengan air  yang ada di dalam botol plastik, setelah itu besok kita akan menlihat dan mengambil jejak tersebut.


Setelah mencetak jejak, akhirnya kita lanjut berjalan lagi. Saat perjalanan, itu sangat amat banyak nyamuk, dan nyamuknya itu menggigit kami, itu rasanya sakit banget,
Karena aku tidak kuat, akhirnya aku mengambil jaket yang aku taruh di tas kecilku, selama perjalanan, kami menemukan banyak binatang,
Karena itu masih siang, jadi kami lebih sering menemukan burung,
Setelah itu kami lanjut jalan lagi, dan setelah lama berjalan, akhirnya kami menemukan perkampunan warga, karena dangat kecapekan, akhirnya kami semua istirahat dan kembali ke tempat kami ber-malam
______________


Nanti malam, kami akan melakukan PENGAMATAN SATWA Lagi, ikutin terus ya ceritanya
______________
        PENGAMATAN SATWA MALAM


setelah melakukan kegiatan lain, akhinya waktu malam sudah tiba, kami di wajibkan untuk siap-siap karena akan melaksanakan PENGAMATAN SATWA MALAM di hutan liar, haru memakai sepatu BOTS.... Semuanya sangat TERKESAN karena sepatu BOTS-nya di pakai... Hehehe...... Akhirnya kami
per-regu, disuruh membawa SENTER,
TAS KECIL YAHG BERISI MINUM DAN JAKET.


sebelum berangkat, kami semua kumpul per-regu, regu kami, di pimpin oleh kak bagus, sebelum berangkat, kita berdoa terlebih dahulu, agar selamat sampai tujuan.


Akhirnya kami semua berangkat menuju hutan bebas, suasanya sangat sepi dan gelap, untungnya kami membawa senter.


Kami semua mulai masuk ke semak-semak, yang aku rasakan saat itu hanyalah capek, dingin, takut, dan terkesan, saat itu badanku sudah mulai tidak enak, selama perjalanan kami tidak menemukan apa-apa, lalu setelah kami sedang berjalan, kakak bagus ternyata melihat TOKEK/TOKAI dibatang pohon yang sangat besar, tokeknya juga lumayan besar, samar dengan batang pohon tersebut.


Setelah itu, kita jalan lagi, saat lagi jalan, akhirnya kami menemukan perkampungan warga lagi... Akhirnya kami semua tidak berjalanan di hutan lagi, melainkan berjalan di jalanan mobil,  tetapi... Kanan dan kiri kita dipenuhi oleh pohon-pohon.... Lalu saat kita semua lagi jalan, lagi-lagi kak bagus menemukan binatang, hayo tahukan kamu, ternyata binatang itu adalah bunglon, sangat panjang dan bagus, berwarna hijau, samar juga sama pohon


Lalu kita jalan lagi, tak lama setelah itu, di jalanan mobil, karena aku yang menimpin jalan di arahkan oleh kak bagas, aku dan ariq melihat, ada yang lompat-lomopat, ternyata itu kodok, setelah di lihat, tenyata itu namanya "KODOK BUDUK"
Akhirnya sama si ariq di tangkap, saat di tangkap dia tiba-tiba pipis.... Hehehe.... Kita semua langsung jijiq, tetapi si ariq tidak jijik sama sekali, dia paling pemberan


Setelah itu kita jalan lagi... Tiba-tiba ada yang loncat-loncat lagi, ternyata itu kodok juga, tapi aku kupa nama kodoknya apa hehe...


saat kita sedang jalan pulang... Kita di kagetkan dengan menemukan satwa yang tidak biasa, tahukah kamu apa itu?
Badannya sangat besar, sangar, kami menemukannya saat dia sedang berjalan di batang pohon yang kuat, dia sangat liar
Kalian tahu apakah itu?
Jawabannya adalah
Dia adalah binatang
"MUSANG LUWAK YANG SANGAT BESAR"


Setelah itu kita langsung jalan lagi, tetapi kali ini kita jalan pulang, karena udah sangat capekk... Oh iya.. Sayangnya di perjalanan ini kita tidak menemukan ular atau pun binatang yang jarang kit lihat, jadi kurang seru... Hehe


Setelah sampai di tempat kita bermalam, tiba-tiba kami dapat perintah dari kak bagus, disuruh berkumpul di atas, per-regu, akhirnya kita semua naik dan berkumpul
per-regu, ternyata kita disuruh untuk mencatat  apa saja yang sudah kita temukan saat pengamatan satwa tadi siang dan tadi malam......


Saat sedang menulis, aku semua sangat ngantuk, bener-bener nguantuk...., akhirnya teman-teman yang lain nulis, aku dan naufal tidur deh, hehehe....


Saat lagi enak-enak tidur, tiba-tiba aku di bangunkan dengan si kaysan...
"Bangun..Udah selesai, ayo turun, tidurnya dibawah"


Akhirnya aku bangun dan langsung bergegas turun, saat di bawah, teman-temanku yang lain ternyata sedang menyiapkan matras dan sleeping bed (tempat tidur)
Lalu setelah itu kita tidr deh, tetapi sebelum tidur, seperti biasa, aku dan teman-teman pasti ngobrol dulu, tetapi ngobrolin hal yang tidak penting, oh iya saat aku mau tidur, si ariq sangat menggangu, kenapa? Karena dia meluk-meluk aku hehehe....


Setelah pagi tiba, aku di bangunkan oleh di ali, katanya "bangun.. Sholat shubuh kuy"
Akhirnya aku bangun dan langsung bergegas pergi menuju masjid yang ber-ada sangat dekat dari tempat kami bermalam
______________
            PENGAMATAN SATWA PAGI

Pagi ini, aku kembali ber aktivitas, seperti biasa, PENGANATAN SATWA  lagi.


Setelah siap-siap, akhirnya aku dan regu ku berangkat menuju hutan lagi, lalu saat kuta mau masuk ke hutan, kakaknya bilang,

"Dr kemarin kan kakak yang pimpin jalan, coba sekarang kalian yg pimpin jalannya"


Akhirnya aku dan ariq memimpin jalan, kata kakaknya "kalau pagi begini, kita akan sering ketemu dengan burung" teranyata benar, kami semua menemukan berbagai jenis burung, seperti burung:
-burung cineren
- burung burung cekakak
- burung kutilang
-burung cabe jawa
-burung betet biasa
-burung tekukur biasa
-burung celepuk
-burung gereja



Kami tahu semua jenis burung itu, karena, salahsatu teman kami itu suka foto-foto burung, namanya KAYSAN, suka di banggil BANGKAY, dia sangat lucu dan sangat baik, hehe


Akhirnya kita lanjut jalan lagi dan telapak BABI yang kamarin, kita lihat, apakah sudah kering? Ternyra sudah kering, akhirnya regu ku mangambil cetakan jejak kaki tersbut dan membawa pulang.
______________

Sepertinya selelsai sudah ceritaku tentang                "PENGAMATAN SATWA DI ITB"

Terimakasih sudah mau membaca,
Assalamualaikum WR. WB.

Rabu, 14 Maret 2018

TUGAS PRAMUKA OASE "SI PENGHASIL OKSIGEN"

TUGAS PRAMUKA OASE "SI PENGHASIL OKSIGEN"

Hallo semuanya..... Hari ini aku baru selsai ngerjain tugas nih, yaaa tugas yang dikasih dari kakak-kakak SEKALA PETUALANG.


Jadi tugasnya adalah, kita perlu meneliti tentang 5 tanaman-tanaman yang berada di sekita rumah kita.... Aku baru selsai mgerjain tugas nih.


Aku sudah menelitin 5 tanaman nih, yaitu tanaman

1. POHON PALEM
2. POHON KAMBOJA
3. TANAMAN DOLAR
4. POHON MENGKUDU
5. DAUN SAGA
















Eh btw guys... Aku ngerjain tugasnya pas udah deadline loh guys... Hehehe....


Hmm... Kayaknya hanya itu saja yang ingin aku sampaikan ke kalian.


sampai bertemu di cerita selnjutnya...
Assalamualaikum WR. WB.
BYEEE....

PERTEMUAN KE-4 PRAMUKA OASE

PERTEMUAN KE-4 PRAMUKA OASE




Pagi ini, tepatnya hari rabu, aku terlambat dalam pertemuan PRAMUKA OASE, karna aku trlambat memesan ojek online, saat sampai di rumah inspirasi, ternyata
teman-teman yang lain sudah jalan menuju lapangan depan masjid
(tempat upacara pramuka) karena aku tertinggal dengan teman-teman yang lain, akhirnya aku langsung lari menuju lapangan depan masjid.


Saat sampai di lapangan, ternyata upacara sudah dimulai, upacara kali ini, dipimpin oleh: Michelle dan Fakhri.


Setelah upacara, kita belajar tentang
"SI PENGHASIL OKSIGEN" yang dipimpin oleh kakak-kakak dari SEKALA PETUALANG
Disana kita semua belajar banyak hal, dan disana kami di ajarkan bagaimana cara mengukur tinggi pohon, cara mengukur tinggi pohon, kita menggunakan tongkat ajaib.


Setelah belajar, karena kita semua kelaparan, akhirnya kita semua makan siang, setelah makan kita semua langsung melaksanakan sholat zduhur.


Oh iya, kita semua juga dapat PR dari kakak-kakak sekala, untuk meneliti tentang tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitar rumah kita


Demikian cerita dari ku husayn,
Assalamualaikum WR. WB.

Jumat, 09 Maret 2018

KEMPING CERIA DAY 3 (HARI TERAKHIR) • "Tersesat tapi tidak tersesat"

KEMPING CERIA DAY 3 (HARI TERAKHIR)

"Tersesat tapi tidak tersesat"

Hari ini aku dan teman-teman yang lain akan mendaki gunung nih... Pastinya akan seru banget yaa....


Hari ini kita bangun pagi, seperti biasa, kami semua bangun jam 04:30 pagi, dan setelah bangun kita langsung ke aula besar untuk melaksanakan sholat shubuh, setelah sholat, seperti biasa, kita rebahan sejenak, soalnya masih ngantuk, hehe....

Setelah sholat, kita langsung turun ke bawah dan sarapan, sarapannya harus banyak nih guyss.... Soalnya kita akan naik gunung menuju AIR TERJUN.


Abis makan kita istirahat sejenak agar saat mendaki, tidak terlalu capek.


Dan yes. Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya kita mendengar suara pluit dari kak irwan, kita disuruh berkumpul dan ber-baris per-regu, lalu setelah kumpul per-regu, ketua regu di perintahkan untuk mengambil roti yang sudah di siapkan oleh kakak pembina dan nanti roti itu di bagikan ke anggota regunya masing-masing.


Lalu setelah itu, kita langsung berangkat dan mendaki menuju AIR TERJUN, diperjalanan, kita melakukan banyak hal... Seperti, mengobrol, ber-canda-canda, melihat pemandangan sekitar, curhat, DAN LAINNYA


Setelah lumayan lama perjalanan, akhirnya kita sampai di BASE CAMP ELANG LOJI
Disini banyak sekali orang yang sedang
Nge-camp, mereka semua sedang ber-istirahat, lalu setelah itu, kita lanjut perjalanan lagi nih, untuk sampai ke
AIR TERJUN kita semua membutuhkan waktu kira-kira 1 jam setengah, atau 2 jam







Setelah 1 jam perjalanan akhirnya kita sampai di AIR TERJUN, yeayy.....
Setelah melewati banyak tantangan, jatuh, menegangkan, DAN LAINNYA


Di AIR TERJUN itu sangat seru, perjalanan kita terbayar oleh pemandangan yang sanat indah itu, dan kalian tau gak, airnya itu dingiinnn..... Bangetttttt...... Sumpah, aku aja sampai kedinginan banget.. AIR TERJUN, kita lumayan lama, kira-kira 1 jam-an


Lalu setelah itu, kita semua turun untuk kembali ke perkemahan, oh iya sebelum turun, kita semua per-regu dapat kesempatan untuk melihat elang yang
 ber-ada hanya di indonesia nih, lebih tepatnya ada di pulau jawa, setelah melihat elang, aku, ali, dan alep karena ke asyikan mengobrol, akhirnya kita terpisah dengan rombongan yang lain, hehe... Kita nyasar karena ngobrol mulu sih...

Oh iya, kita tuh nyasar karena: ALASAN PERTAMA: kita terpisah dengan rombongan yang lain

ALASAN KE-DUA: karena kita pikir tidak ada kegiatan lagi, akhirnya kita langsung turun aja deh

ALASAN KE-EMPAT: rombongan yang lain turun lewat jalan yang berbeda, jadi kita nyasar

Karena aku sudah pernah ke sana, jadi aku tau jalannya.

Selama perjalanan, kita tidak sadar bahwa kita terpisah, kita kira, kita tertinggal oleh rombongan yang lain (rombongan yang lain sudah jalan duluan)

Saat sudah mau sampai di perkemahan, tiba-tiba aku mendengar suara orang memanggilku (dari jauh) "HEY-HEY"
"HUSAYN, ALEV, ALI!!"
Saat aku nengok ke belakang, ternyata kak irwan mengejarku, "aduhh... Aku sangat merasa bersalah" akhirnya kita bertemu dengan kak irwan dan minta maaf, dan kita menceritakan semuanya, lalu akhirnya kita jalan menuju perkemahan bareng dengan kak irwan.


Saat sampai di perkemahan, teman-teman yang lain pada bertanya pada kami,
"KALIAN KEMANA SIH, DICARIIN JUGA"


Lalu setelah itu aku mandi karena gerah banget dan juga capek, setelah sekuanya sudah pada bersih, kita semua di panggil untuk melaksanakan makan sore.


setelah makan sore, kita semua berkumpul untuk PERPISAHAN "OHHH NOO..."


Selama acara perpisahan, kakak pembina berbicara ke pada kita, beberapa kata,


Saat di perintahkan untuk memilih satu orang, untuk mewakili komunitas pramuka dan berbicara beberapa kata tenang kemping ceria ini, dan ternya teman-teman yang lain menilih AKU untuk berbicara kepada orang-orang banyak, awalnya aku sangat malu dan memaksa agar tidak bebicara, karena teman-temanku memaksa juga, akhirnya aku harus berbicara beberapa kaa tentang KEMPING CERIA ini

Aku berbicara seperti ini,

"Aku sangat beruntung bisa mengikuti acara ini, karena acara ini sangar seru, menurutku sangat seru saat disuruh untuk membuat yel-yelnya masing-masing (per-regu) dan aku juga sempat tersesat tadi, saat menuju ke sini, aku tersesat bersama alev dan ali, dan itu sangat menyenangkan, oh iya aku hanya ingin bilang kepada kakak-kakakpembina yang baik ini, karena sudah mau mengajari kita banyak hal, semoga nanti akan ada acara seperti ini lagi, jika ada acara seperi ini lagi, AKU PASTI IKUT"





Lalu setelah itu kita langsung packing barang-barang kita masing-masing dan lansung berangkat ke tronton, lalu kita semua naik dan langsung jalan menuju jakarta.


Dan yak guys, denikian cerita dariku husayn, aku ingin mengucapkan TERIMAKASIH kepada kalian yang sudah mau baca perjalanan ku ini


Perjalanan ini sangat seru yahh?? Aku mendapat 3 haln baru selama KEMPING CERIA ini  yaitu

1. Skill pramuka ku sudah bertambah

2. Skill pramuka ku juga semakin bertambah

3. Aku belajar bagai mana cara masak dengan sayuran dengan bahan se-adanya

4. Aku semakin akrab dengan teman-teman dan SAHABAT-SAHABATKU





5. Aku bisa mendapat teman-teman baru


Demikian cerita tentang
PERJALANAN SERUKU INI

Terimakasih sudah membaca. Terimakasih banyak,

Assalamualaikum WR. WB.