Sabtu, 15 Maret 2014

BINTANG SIRKUMPOLAR, ASENSIO REKTA, DEKLINASI,

assalamualaikum WR. WB.

husayn mau cerita tentang mengenal bintang sirkumpolar,asensio rekta,deklinasi,

 BINTANG SIRKUMPOLAR
Teman-teman tau gak bintang-bintang itu hampir semua menghias lagit di setiap malam, asalkan langitnya tidak mendung dan tidak banyak lampu di sekitarnya.bintang itu terbit dan terbenamnya seperti matahari, tapi ada juga bintang yang tidak pernah terbit maupun tenggelam, bintang ini disebut bintang sirkumpolar.

Orang Indonesia yang hidup di garis khatulistiwa, tidak bisa melihat bintang sirkumpolar, tetapi bagi orang-orang yang hidup di lintang utara dan di selatan mereka bisa melihat bintang sirkumpolar.


Bintang Polaris utara adalah salahsatu bintang sirkumpolar karena posisinya hampir segaris dengan sumbu rotasi bumi, kalau dilihat dari Negara-negara lintang utara, bintang itu terlihat dan tidak pernah tenggelam,

 ASENSIO REKTA
asesion rekta dalam bahasa inggris di sebut (RA) atau righat asension, asensio rekta adalah istilah astronomi yang di kaitkan  dengan sistem koordinat ekuator. RA merupakan salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat ekuator. koordinat lainnya adalah deklinasi.

RA bisa dibandingkan dengan garis bujur, diukur dari titik nolnya yang beradad di titik aries atau titik vernal ekuinoks. RA diukur dalam jam. menit, dan detik, dengan satu jam sama dengan 15 derajat

DEKLINASI
deklinasi adalah bagian dari koordinat ekuator yang dibandingkan bersama RA. jika RA dibandingkan dengan garis bujur maka deklinasi dibandingkan garis lintang.

 deklinasi bisa di bandingkan dengan garis lintang, yang di proyeksikan ke bola langit, dan diukur dalam derajat ke arah utara dari ekuator langit. olrh karena itu, titik di utara ekuator mempunyai deklinasi positif, dan titik di selatan mempunyai deklinasi negatif.










2 komentar:

  1. Berarti buat saya di Probolinggo, Jawa Timur, ada beberapa bintang yang sirkumpolar ya?

    BalasHapus