Minggu, 09 Maret 2014

Definisi dari revolusi dan rotasi

assalamualaikum  WR. WB.

kali ini husayn akan membahas tentang bumi

Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi.

 1. Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Kala rotasi adalah waktu yang dibutuhkan oleh suatu benda untuk berputar pada porosnya. Sekali berotasi bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit atau 24 jam kurang 4 menit. inilah yang menyebabkan adanya tahun kabisat dimana perbedaan waktu 4 menit tersebut membuat jumlah hari pada bulan februari ditahun kabisat berjumlah 29 hari.

Akibat dari Rotasi bumi :
a. adanya pergantian siang dan malam
b. perbedaan waktu diberbagai tempat dibelahan bumi ini
c. peredaran semu harian matahari
d. perbedaan percepatan gravitasi
e. pembelokan arah mata angin

2. Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah perputaran bumi mengelilingi matahari. Sekali berevolusi, bumi memerlukan waktu 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik atau sering disebut satu tahun pada penanggalan masehi. Adanya revolusi bumi ini tidak dapat kita rasakan namun dapat kita lihat dengan tadanya:

a. perubahan lama siang dan malam hari
b. gerak semu tahunan matahari
c. perubahan musim
d. perubahan rasi bintang
e. penanggalan kalender masehi

sumber husayn dari :
- See more at: http://sainsforhuman.blogspot.com/2013/06/sains-for-human-pengertian-serta-dampak.html#sthash.6Pn7ivF8.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar