Selasa, 27 Maret 2018

PENGAMATAN SATWA DI HUTAN IPB-PRAMUKA OASE

PENGAMATAN SATWA DI HUTAN IPB


Hallo semuanya.. Assalamualaikum WR. WB.
beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 21-22 maret, hari rabu dan kamis, kami anak PRAMUKA OASE pergi ke ITB
(Institut pertanian bogor),  untuk mempelajari beberapa hal, seperti
•pengamatan satwa liar
•mencetak jejak kaki satwa
•belajar memasak

Semua yang kami pelajari disana itu, sangat seru dan menyenangkan, tetapi ada yg tudak menyenangkannya juga sih, di hari
ke-2  aku sakit demam, dan rasanya sangat tidak menyenangkan.


Setelah kami semua sampai di IPB, kami langsung jalan kira-kira 1 kilo menuju tempat kita bermalam, sesampai disana kita langsung istirahat dan makan, kenapa? Karena sangat capek dan kakiku sangat sakit, setelah istirahat kita langsung melaksanakan sholat dzuhur di masjid besar yang kebetulan sangat dekat dari tempat bermalam kami, setelah sholat.


 kita langsung disuruh berkumpul per-regu dan langsung disuruh siap-siap untuk melaksanakan pengamatan satwa, akhrinya aku mencari teman reguku. Oh iya....
Aku belum memberitahu kalian siapa saja isi regu ku yg keren ini
Yaa... Nama regu kami adalah...
KELINCI IMUT
BABABABA....
-KAYSAN
-ALEVKO
-HUSAYN (AKU)
-ARIQ
-HIBAN
-NAUFAL
-IBRAHIM



        PENGAMATAN SATWA (SIANG)
           ______________
Setelah berkumpul, kita semua langsung pergi menuju hutan liar yang ada di ITB.
Saat setengah perjalanan, kakak pembinaku bilang, "kemarin kakak menemukan jejak satwa di gundukan ini, coba lihat itu" (sambil membuka plastik kecil yang dia tutupi jejak satwa tersebut) dan yah... Ternyata itu jejak BABI HUTAN, aku sangat kaget, lalu setelah itu, kakak pembina menyuruh kami mencetak jejak tersebut memakai GYPSUM
aku dan naufal akhirnya yang akan mencetak jejak tersebut, pertama, kita harus membingkai jejak tersebut memakai batang kayu yang sudah di sediakan oleh kakak pembina, lalu setelah itu, naufal akan menuangkan GYPSUM yang sudah di aduk dengan air  yang ada di dalam botol plastik, setelah itu besok kita akan menlihat dan mengambil jejak tersebut.


Setelah mencetak jejak, akhirnya kita lanjut berjalan lagi. Saat perjalanan, itu sangat amat banyak nyamuk, dan nyamuknya itu menggigit kami, itu rasanya sakit banget,
Karena aku tidak kuat, akhirnya aku mengambil jaket yang aku taruh di tas kecilku, selama perjalanan, kami menemukan banyak binatang,
Karena itu masih siang, jadi kami lebih sering menemukan burung,
Setelah itu kami lanjut jalan lagi, dan setelah lama berjalan, akhirnya kami menemukan perkampunan warga, karena dangat kecapekan, akhirnya kami semua istirahat dan kembali ke tempat kami ber-malam
______________


Nanti malam, kami akan melakukan PENGAMATAN SATWA Lagi, ikutin terus ya ceritanya
______________
        PENGAMATAN SATWA MALAM


setelah melakukan kegiatan lain, akhinya waktu malam sudah tiba, kami di wajibkan untuk siap-siap karena akan melaksanakan PENGAMATAN SATWA MALAM di hutan liar, haru memakai sepatu BOTS.... Semuanya sangat TERKESAN karena sepatu BOTS-nya di pakai... Hehehe...... Akhirnya kami
per-regu, disuruh membawa SENTER,
TAS KECIL YAHG BERISI MINUM DAN JAKET.


sebelum berangkat, kami semua kumpul per-regu, regu kami, di pimpin oleh kak bagus, sebelum berangkat, kita berdoa terlebih dahulu, agar selamat sampai tujuan.


Akhirnya kami semua berangkat menuju hutan bebas, suasanya sangat sepi dan gelap, untungnya kami membawa senter.


Kami semua mulai masuk ke semak-semak, yang aku rasakan saat itu hanyalah capek, dingin, takut, dan terkesan, saat itu badanku sudah mulai tidak enak, selama perjalanan kami tidak menemukan apa-apa, lalu setelah kami sedang berjalan, kakak bagus ternyata melihat TOKEK/TOKAI dibatang pohon yang sangat besar, tokeknya juga lumayan besar, samar dengan batang pohon tersebut.


Setelah itu, kita jalan lagi, saat lagi jalan, akhirnya kami menemukan perkampungan warga lagi... Akhirnya kami semua tidak berjalanan di hutan lagi, melainkan berjalan di jalanan mobil,  tetapi... Kanan dan kiri kita dipenuhi oleh pohon-pohon.... Lalu saat kita semua lagi jalan, lagi-lagi kak bagus menemukan binatang, hayo tahukan kamu, ternyata binatang itu adalah bunglon, sangat panjang dan bagus, berwarna hijau, samar juga sama pohon


Lalu kita jalan lagi, tak lama setelah itu, di jalanan mobil, karena aku yang menimpin jalan di arahkan oleh kak bagas, aku dan ariq melihat, ada yang lompat-lomopat, ternyata itu kodok, setelah di lihat, tenyata itu namanya "KODOK BUDUK"
Akhirnya sama si ariq di tangkap, saat di tangkap dia tiba-tiba pipis.... Hehehe.... Kita semua langsung jijiq, tetapi si ariq tidak jijik sama sekali, dia paling pemberan


Setelah itu kita jalan lagi... Tiba-tiba ada yang loncat-loncat lagi, ternyata itu kodok juga, tapi aku kupa nama kodoknya apa hehe...


saat kita sedang jalan pulang... Kita di kagetkan dengan menemukan satwa yang tidak biasa, tahukah kamu apa itu?
Badannya sangat besar, sangar, kami menemukannya saat dia sedang berjalan di batang pohon yang kuat, dia sangat liar
Kalian tahu apakah itu?
Jawabannya adalah
Dia adalah binatang
"MUSANG LUWAK YANG SANGAT BESAR"


Setelah itu kita langsung jalan lagi, tetapi kali ini kita jalan pulang, karena udah sangat capekk... Oh iya.. Sayangnya di perjalanan ini kita tidak menemukan ular atau pun binatang yang jarang kit lihat, jadi kurang seru... Hehe


Setelah sampai di tempat kita bermalam, tiba-tiba kami dapat perintah dari kak bagus, disuruh berkumpul di atas, per-regu, akhirnya kita semua naik dan berkumpul
per-regu, ternyata kita disuruh untuk mencatat  apa saja yang sudah kita temukan saat pengamatan satwa tadi siang dan tadi malam......


Saat sedang menulis, aku semua sangat ngantuk, bener-bener nguantuk...., akhirnya teman-teman yang lain nulis, aku dan naufal tidur deh, hehehe....


Saat lagi enak-enak tidur, tiba-tiba aku di bangunkan dengan si kaysan...
"Bangun..Udah selesai, ayo turun, tidurnya dibawah"


Akhirnya aku bangun dan langsung bergegas turun, saat di bawah, teman-temanku yang lain ternyata sedang menyiapkan matras dan sleeping bed (tempat tidur)
Lalu setelah itu kita tidr deh, tetapi sebelum tidur, seperti biasa, aku dan teman-teman pasti ngobrol dulu, tetapi ngobrolin hal yang tidak penting, oh iya saat aku mau tidur, si ariq sangat menggangu, kenapa? Karena dia meluk-meluk aku hehehe....


Setelah pagi tiba, aku di bangunkan oleh di ali, katanya "bangun.. Sholat shubuh kuy"
Akhirnya aku bangun dan langsung bergegas pergi menuju masjid yang ber-ada sangat dekat dari tempat kami bermalam
______________
            PENGAMATAN SATWA PAGI

Pagi ini, aku kembali ber aktivitas, seperti biasa, PENGANATAN SATWA  lagi.


Setelah siap-siap, akhirnya aku dan regu ku berangkat menuju hutan lagi, lalu saat kuta mau masuk ke hutan, kakaknya bilang,

"Dr kemarin kan kakak yang pimpin jalan, coba sekarang kalian yg pimpin jalannya"


Akhirnya aku dan ariq memimpin jalan, kata kakaknya "kalau pagi begini, kita akan sering ketemu dengan burung" teranyata benar, kami semua menemukan berbagai jenis burung, seperti burung:
-burung cineren
- burung burung cekakak
- burung kutilang
-burung cabe jawa
-burung betet biasa
-burung tekukur biasa
-burung celepuk
-burung gereja



Kami tahu semua jenis burung itu, karena, salahsatu teman kami itu suka foto-foto burung, namanya KAYSAN, suka di banggil BANGKAY, dia sangat lucu dan sangat baik, hehe


Akhirnya kita lanjut jalan lagi dan telapak BABI yang kamarin, kita lihat, apakah sudah kering? Ternyra sudah kering, akhirnya regu ku mangambil cetakan jejak kaki tersbut dan membawa pulang.
______________

Sepertinya selelsai sudah ceritaku tentang                "PENGAMATAN SATWA DI ITB"

Terimakasih sudah mau membaca,
Assalamualaikum WR. WB.

1 komentar:

  1. Hai Husayn!
    Tulisan yang menarik 😆
    Ada sedikit catatan dari aku ya, mungkin kedepannya bisa dipertimbangkan hehe.
    Masih ada beberapa kata yang typo, terlebih lagi kamu menyebutkan "ITB" beda lokasi ya 😂 perhatikan lagi saat penulisan.
    Berhubung kamu melampirkan foto, mungkin kamu bisa bercerita sedikit ttg burung tsb. Seperti nama burung atau siapa yang mengambil gambar tersebut.
    Selebihnya sudah cukup baik. terlebih kamu menceritakan hasil dari pengamatan satwa, terlihat kamu sangat menikmatinya 😂

    Sampai bertemu di jurnal hari yang kedua😄

    BalasHapus