Senin, 22 Agustus 2016

tugas ekplorasi

assalamualaikum WR. WB.

hari ini husayn mau mengerjakan tugas eksplorasi, jadi tugasnya adalah:

Tantangan

Wawancara seorang penjual makanan/minuman yang tinggal di sekitarmu dan sajikan hasilnya dengan menarik agar orang lain yang melihat/membaca jadi ikut mengenal penjual tsb.
Pada Tantangan #03 ini adik-adik akan mulai belajar berinteraksi dengan orang lain lewat wawancara dan bekerja bersama teman dalam mengerjakan tantangan. Pada bagian akhir panduan ini ada pembagian kelompok.
8 LANGKAH mengerjakan tantangan
  1. Pahami maksud tantangan, coba cek untuk memastikan teman kelompokmu juga paham tantangan.
  2. Pengamatan di sekitar rumah. Amati para penjual makanan/minuman yang ada di sekitar tempat tinggalmu dan ciri-cirinya. Yang dimaksud ciri-ciri misalnya jenis makanan/minuman yang dijual, jenis kelamin penjual, cara berjualan, waktu berjualan, dll. Pengamatan ini tanpa perlu melakukan wawancara. Catat hasil pengamatan dalam bentuk TABEL (lihat contoh tabel di bawah).
  3. Buat pilihan. Pilih satu penjual makanan/minuman yang paling menarik perhatianmu dari dalam tabel yang kamu buat. Jelaskan alasanmu memilih penjual tsb.
  4. Rencanakan wawancara. Susun pertanyaan untuk mewawancarai penjual pilihan. Pertanyaan terkait dengan makanan/minuman yang dijual dan penjualnya. Lakukan brainstorming dalam menyusun pertanyaan dantampilkan hasilnya dalam bentuk mind mapDiskusikan dengan teman kelompok daftar pertanyaan yang sudah kamu susun.
  5. Lakukan wawancara (masing-masing). Wawancara penjual yang dipilih dengan pertanyaan yang sudah disusun. Catat atau rekam hasil wawancara.
  6. Pelajari hasil wawancara. Baca lagi informasi atau fakta yang berhasil dikumpulkan. Pikirkan pandanganmu tentang informasi dan fakta tsb, misalnya: hal yang menarik dari narasumber, kutipan yang inspiratif dari narasumber. Pilih informasi, fakta, pendapat, kesimpulan, dan hal lainnya yang ingin kamu sajikan sebagai hasil wawancara.
  7. Cari ide untuk menyajikan hasil wawancara dalam bentuk yang menarik. Diskusikan idemu dengan teman kelompokmu. Kamu bisa juga saling belajar cara menampilkan secara menarik dari temanmu.
  8. Realisasikan idemu.



aku sudah menyelesaikan tugasnya, jadi tugasnya adalah kita pertamatama harus pengamata, melihat orang-orang yang berjualan tapi buat tugasnya bisa di kertas atau di komputer, aku mengerjakannya dengan menulis dengan manual


Tidak ada komentar:

Posting Komentar